Selasa, 27 September 2011

…(¯`*•.¸¸.•*´¯)… Wanita Sholehah Mutiara Muslimah Sejati …(¯`*•.¸¸.•*´¯)…

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Allah berfirman " Katakanlah kepada wanita yang beriman, " Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.....(lihat selengkapnya di QS. An-Nur ayat 31)

Rasulullah bersabda " Sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah. Dan perkara yang pertama kali ditanyakan kepada seorang wanita pada hari kiamat adalah shalat 5 waktu dan ketaatannya terhadap suami" ( HR. Ibnu Hibban dari Abu Hurairah).

Duhai saudaraku, apakah ciri-ciri wanita sholehah itu?

♥ Meyakini bahwa Allah sebagai Rabb-Nya dan Nabi Muhammad sebagai nabinya, Islam sebagai agamanya yang haq,Al -Qur'an dan As Sunnah sebagai pedoman hidupnya.

♥ Mampu menjaga pandangan dari pria yang bukan muhrimnya

♥ Menutup aurat

♥ Senantiasa menjaga tutur kata agar bermakna hanya untuk kebaikan

♥ Murah senyum
Senyum dalam arti yang proporsional. Tidak setiap laki-laki yang dijumpai diberi senyum manis, tetapi senyum yang bernilai ibadah yang tidak menimbulkan fitnah.

♥ Pintar dalam bergaul
Pandai memilih teman yang membawa kebaikan. Dia menyadari bahwa melalui pergaulan yang baik ilmu akan bertambah dan wawasan semakin luas. Ia selalu mengambil hikmah dari setiap orang yang dia temui. Pendek kata hubungan kemanusiaan dan taqarrub kepada Allah dilakukan sebaik mungkin.

♥ Saat mendapat kekurangan dalam diri dia sikapi dengan belajar memperbaiki diri. Dia sadar akan kelebihan dan kekurangannya yang membuatnya tetap bersyukur dan tidak kufur nikmat.

♥ Semangat menuntut ilmu, mengamalkan ilmu dan mengajarkan ilmu kepada yang lain hanya mengharap ridho Allah.

♥ Apabila ia seorang anak akan patuh kepada orang tuanya selama dalam kebaikan.

♥ Apabila ia seorang istri ia akan taat pada suami(selama dalam kebaikan), mengajak kepada kebaikan, mampu membahagiakan suami, tidak berbicara keras dan kasar di hadapan suami.

♥ Apabila ia seorang ibu akan mendidik anaknya untuk taat pada Allah dan Rasul, mengajarkan tentang aqidah yang benar dan menanamkan akhlakul karimah pd anak.

♥ Bersabar atas ujian dan persoalan hidup. Karena baginya ujian adalah tarbiyah untuk membentuk pribadi yang tangguh.

♥ Pada intinya wanita sholehah itu adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mencintai Allah dan Rasul-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

♥ Wanita sholehah adalah muslimah sejati ibarat mutiara yang terjaga, ia senantiasa menjaga dirinya dengan berhias akhlak mulia, istiqamah di atas syariat-Nya, berpegang teguh dengan sunnah nabi-Nya serta tumbuh di lingkungan yang terjaga.

Sahabat, saudaraku fillah...

Untuk menjadi wanita sholehah tidaklah semudah kita membalikkan telapak tangan, semua butuh waktu, proses dan kesungguhan menempa diri. Pola asuh orang tua, pendidikan, keteladanan dan lingkungan amatlah berpengaruh.

Banyak wanita sukses dalam karir namun tidak semua bisa sholehah. Karena sholehah dan tidaknya seseorang tergantung dari ketaatan pada aturan Allah dan Rasul-Nya. Dan ini berlaku universal tidak hanya bagi yang sudah bergelar istri namun berlaku pula bagi kita yang belum menikah. Jika wanita muda mampu menjaga diri dan memelihara akhlaknya maka iman kaum laki-laki akan semakin kuat. Cahaya kesholehan wanita mukminah akan menjadi penyejuk dan peneguh hati orang yang beriman.

Kita sering mendengar bahwa di belakang seorang pemimpin yang sukses ada seorang wanita yang sangat hebat. Namun tidak sedikit pemimpin yang tergelincir karena tergoda oleh wanita yang tidak baik. Jika wanita sholehah ada di belakang para pria di dunia ini, bisa di bayangkan berapa kesuksesan yang bisa diraih. Wanita juga diibaratkan tiang negara. Bila wanita baik maka negara akan baik dan kuat. Namun sebaliknya bila akhlak wanita rusak maka negara akan rapuh.

Jadi...menjadi wanita sholehah adalah sebuah keharusan dan ini semoga menjadi tekad kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar